Deployment Diagram

Unified Modeling Language (UML)  merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan dalam bahasa pemograman yang berorientasi objek, saat ini UML akan mulai menjadi standar masa depan bagi industri pengembangan sistem/perangkat lunak yang berorientasi objek sebab pada dasarnya UML digunakan oleh banyak perusahaan raksasa seperti IBM, Microsoft, dan sebagainya.

Definisi UML
1.      Unified Modeling Language merupakan metode pengembangan perangkat lunak (sistem informasi) dengan menggunakan metode grafis serta merupakan bahasa untuk visualisasi, spesifikasi, konstruksi serta dokumentasi [Adin05].
2.      Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa yang telah menjadi standard untuk visualisasi, menetapkan, membangun dan mendokumentasikan arti suatu sistem perangkat lunak [Hend07].
3.      Unified Modeling Language (UML) dapat didefinisikan sebagai sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak [Afif02].
4.      Unified Modeling Language (UML) merupakan standard modeling language yang terdiri dari kumpulan-kumpulan diagram, dikembangkan untuk membantu para pengembang sistem dansoftware agar bisa menyelesaikan tugas-tugas seperti [Joml07] :
§  Spesifikasi
§  Visualisasi
§  Desain arsitektur
§  Konstruksi
§  Simulasi dan testing
§  Dokumentasi
Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa “Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis Objek (OOP)  (Object Oriented programming)”.

2.2 Deployment Diagram

1. Pengertian Deployment Diagram
Deployment diagram merupakan gambaran proses-proses berbeda pada suatu sistem yang berjalan dan bagaimana relasi di dalamnya. Hal inilah yang mempermudah user dalam pemakaian sistem yang telah dibuat dan diagram tersebut merupakan diagram yang statis. Misalnya untuk mendeskripsikan sebuah situs web, deployment diagram menunjukkan komponen perangkat keras ("node") apa yang digunakan (misalnya, web server, server aplikasi, dan database server), komponen perangkat lunak ("artefak") apa yang berjalan pada setiap node (misalnya, aplikasi web, database), dan bagaimana bagian-bagian yang berbeda terhubung (misalnya JDBC, REST, RMI).
Node digambarkan sebagai kotak, dan artefak yang dialokasikan ke setiap node digambarkan sebagai persegi panjang di dalam kotak. Node mungkin memiliki subnodes, yang digambarkan sebagai kotak nested. Sebuah node tunggal secara konseptual dapat mewakili banyak node fisik, seperti sekelompok database server.



Ada dua jenis Nodes. 
1.      Device Node, secara fisikal menghitung sumber daya dengan pengolahan memory dan services untuk mengeksekusi software, seperti komputer atau mobile phone.
2.      Execution Environment Node (EEN) adalah software penghitung sumber daya yang berjalan dalam outer node dan menyediakan layanan untuk host dan mengeksekusi executable software.



Deployment Diagram - Winbrello
Deployment Diagram adalah diagram yang menggambarkan detail bagaimana komponen di-sebar (di-deploy) kedalam infrastruktur sistem, dimana komponen akan terletak (pada mesin, node, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal.


Contoh Program :

Deployment diagram juga  menunjukkan perangkat keras sistem dan perangkat lunak dalam perangkat keras tersebut. Diagram Deployment berguna ketika solusi perangkat lunak Anda dikerahkan di beberapa mesin dengan masing-masing memiliki konfigurasi yang unik.
Deployment Diagram mewakili pandangan pengembangan sistem sehingga akan hanya ada satu deployment diagram untuk satu sistem. deployment diagram terdiri dari node-node merupakan perangkat keras fisik yang digunakan untuk menyebarkan aplikasi. deployment diagram banyak di gunakan oleh System Engineer.


2. Simbol-simbol pada Deployment Diagram

3. Contoh Deployment Diagram

2.3 Komponen Pada Deployment Diagram

·         Menggambarkan arsitektur system
·         Pemetaan software(component pada component diagram) yang jalan di sebuah hardware (node pada deployment diagram)
·         Software component tidak selalu menggambarkan setiap software component yang ada pada sebuah Komputer(system operasi/Microsoft Office, dll), akan tetapi software component tersebut akan digambarkan ketika ada hubungan dengan pengimplementasian sebuah system
·         Menggambarkan bagaimana s/w dan h/w bekerja sama
·         Menggambarkan topologi jaringan
·         Artifact
-        Spesifikasi dari bentuk physic informasi yang digunakan atau dihasilkan
-        Contoh : source file, script, executable file, table di database, document word/excel, e-mail, dll
-        Digambarkan dengan bentuk 

·         Dapat dihubungkan dengan component pada component diagram
·         Hanya digambarkan dalam sebuah node
·         perhatikan potongan program dibawah ini yang sesuai dengan artifact yang ada:
·          
·          
·          
·          
·         //code style sheet
·          

·        
·         Node
·         Adalah hardware seperti
·         computer/PDA ,lap top, handphone
·         peralatan komunikasi data (router,hub,switch,modem)
·         dll
·         Digambarkan dengan bentuk kotak 3 dimensi
·          

·         Node dapat digabungkan dengan component pada component diagram
·        

·         Node dapat digambarkan dengan bentuk visual, ataupun gabungan antara node dan visual
·         

·         Association
·         Digambarkan dengan sebuah garis yang menghubungkan antara node
·         Setiap association mempunyai sebuah stereotypes seperti
·         

·        

·         Dependencies
·         Digambarkan dengan garis terputus yang berpanah terbuka
·         deploy
·         Sebuah garis terputus dengan ujung panah terbuka yang tertuju ke node dengan sebuah stereotypes <> untuk menggambarkan software yang terdapat pada sebuah hardware

·      
 
·         Contoh Deployment Diagram (Order Processing System)



Dirangkum dari berbagai sumber.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment